Berita Terhangat GIBS

Merangkai berita dalam cerita

Peduli Autisme, SMP-SMA GIBS Gelar Kindness Festival 2022

Peduli Autisme, SMP-SMA GIBS Gelar Kindness Festival 2022

Guna memperingati Hari Autisme Sedunia yang jatuh pada 2 April 2022, SMP-SMA Global Islamic Boarding School (GIBS) menggelar GIBS Kindness Festival and World Autism Awareness Day 2022. Dalam agenda tersebut, GIBS menggelar berbagai lomba dan kegiatan, baik untuk siswa-siswi GIBS, maupun penyandang autisme di luar lingkungan sekolah.


SMP-SMA GIBS merupakan sekolah inklusif yang merangkul seluruh siswa, termasuk siswa penyandang autisme. Guna memberi fasilitas terbaik, GIBS membuka layanan Special Education Services (SES). Siswa yang didagnosa memiliki

 kebutuhan khusus (special needs) secara klinis akan diberi pendampingan oleh

 mentor dan shadow teacher.


GIBS Kindness Festival dilangsungkan di lingkungan sekolah SMP-SMA GIBS sejak 28 Maret 2022 hingga 2 April 2022. Terdapat berbagai lomba yang dilangsungkan, diantaranya lomba catur, Scrabble, rubrik, futsal, basket, menggambar, melukis, balap karung, bakiak, lomba kelereng, ranking 1, english speech, english debate, arabic speech, tahfidz, qiro'atil Qur'an, dan juga tilawatil Qur'an.


Selain lomba di atas, masih ada lomba yang terbuka untuk penyandang autisme di luar lingkungan sekolah GIBS, yaitu lomba mewarnai dan GIBS Got Talent. Lomba ini terbuka untuk siapa saja penyandang autisme di seluruh Kalimantan, dan tidak memiliki batasan usia. Informasi lebih lanjut terkait agenda ini dapat disimak melalui akun Instagram @smpsmagibs.


Salah satu rangkaian acara GIBS Kindness Festival adalah penampilan dari Muhammad Rayhan Iftikar, alumni SMP-SMA GIBS yang merupakan penyandang autisme, tapi kini Rayhan bisa menempuh pendidikan tinggi di Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), jurusan Manajemen Pemasaran.


"Kegiatan World Autism Awareness Day yang diperingati secara global ini telah menjadi kegiatan tahunan di 

SMP-SMA GIBS. Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan 

kesadaran kita semua, bahwa individu dengan penyandang autisme dapat bertumbuh secara baik bersama individu-individu lainnya, untuk sukses dan mandiri dalam kehidupan sehari-hari," ungkap Head of Department Special Education Services GIBS dan ketua acara GIBS Kindness Festival, Muhammad Mustain.