Berita Terhangat GIBS

Merangkai berita dalam cerita

GIBS SCIENCE FAIR 2019

GIBS SCIENCE FAIR 2019

GIBS Science Fair merupakan salah satu wadah bagi siswa dan siswi menyampaikan dan menampilkan ide serta temuan ilmiah khusus untuk Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (Kalselteng). GIBS Science Fair ini sudah terlaksana selama 2 tahun berturut-turut dan tahun ini merupakan tahun kedua pelaksanaannya. Pelaksanaan Final Round GIBS Science Fair tahun kedua yakni pada Sabtu, 28 September 2019 dimana hanyar 5 finalis/tim terbaik yang lolos ke final round.

Sambutan dan Pembukaan GIBS Science Fair 2019 oleh Head of GIBS Learning Innovation Department Sambutan dan pembukaan GIBS Science Fair 2019 oleh Head of GIBS Learning Innovation Department, Desnalia Sari, S.Pd. Harapan terbesar dengan adanya GIBS Science Fair ini dapat memberikan wadah bagi siswa dan siswi generasi penerus bangsa untuk menuangkan dan menyampaikan gagasan serta temuan mereka guna menghadapi tantangan dan perkembangan zaman yang terus terjadi.

Juri pertama pada GIBS Science Fair 2019, yaitu Dewi Amelia Widiyastuti, S.Si., M.Pd. Juri kedua pada GIBS Science Fair 2019, yaitu Rendi Indiwara, S.Pd. Juri ketiga pada GIBS Science Fair 2019, yaitu Ubaidillah, S.Pd.

Finalis pertama dari SMAN Banua Kalsel Bilingual School dengan judul karya ilmiah "Pemanfaatan Pigmen Daun Iler Sebagai Pewarna Alami Pada Kain". Finalis yang tergabung dalam tim ini, yaitu Anandya Dewanga, Muhammad Ali Ridho, dan Zulfan Andria Putranto. Pendamping tim ini yaitu Andya Satya Purnomo Putro, S.Si.

Finalis kedua dari SMAN 2 Sampit dengan judul karya ilmiah "Inovasi Petang Penghasil Energi Listrik". Finalis yang tergabung dalam tim ini, yaitu Azkia Lestari M., Astry Avrillia, dan Aliza Camila. Pendamping tim ini yaitu Dedy Suryadi, S.Pd.

Finalis ketiga dari SMAN 2 Sampit dengan judul karya ilmiah "Pasta Kulit Nanas Sebagai Sumber Energi Listrik". Finalis yang tergabung dalam tim ini, yaitu Shabila Fatimah, Desti Ariani, dan Muhammad Fajar Apriannor. Pendamping tim ini yaitu Indah Siswanti, M.Pd.

Finalis keempat dari SMAN 1 Alalak dengan judul karya ilmiah "Pemanfaatan Daun Kelakai Untuk Bahan Kosmetik Shampo Alami". Finalis yang tergabung dalam tim ini, yaitu Andriyani Setyaningsih, Gusti Pulus, dan Aiman Husaini. Pendamping tim ini yaitu Fauziah, S.Pd.

Finalis Kelima dari SMAN 2 Sampit dengan judul karya ilmiah "Serai Sebagai Pengusir Nyamuk". Finalis yang tergabung dalam tim ini, yaitu Shinta Maharani, Dwi Ersi Wahyuni, dan Ima Nurasiyah. Pendamping tim ini yaitu Dr. Anwar Muttaqien.

Melalui seluruh kegiatan rangkaian GIBS Science Fair 2019, maka didapatkan hasil sebagai berikut: Juara pertama diraih oleh finalis kelima dari SMAN 2 Sampit dengan judul karya ilmiah "Serai Sebagai Pengusir Nyamuk". Juara kedua diraih oleh finalis ketiga dari SMAN 2 Sampit dengan judul karya ilmiah "Pasta Kulit Nanas Sebagai Sumber Energi Listrik". Juara ketiga diraih oleh finalis pertama dari SMAN Banua Kalsel Bilingual School dengan judul karya ilmiah "Pemanfaatan Pigmen Daun Iler Sebagai Pewarna Alami Pada Kain".

Selain juara pertama, kedua, dan ketiga, ditahun ini GIBS Science Fair memberikan nominasi baru yaitu "Favourite Invention" yang dipilih oleh 111 audience.

Favorite Invention pada GIBS Science Fair 2019 diraih finalis keempat dari SMAN 1 Alalak dengan judul karya ilmiah "Pemanfaatan Daun Kelakai Untuk Bahan Kosmetik Shampo Alami".